Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

oleh -

Cara Menulis Berita yang Baik dan Benar - Penerbit DeepublishSaat ini perkembangan dunia jurnalisme berubah dengan pesat akibat kecanggihan era digital. Seiring berjalannya waktu, aktivitas jurnalistik mengalami proses yang sangat dinamis, ditandai dengan munculnya media digital yang memungkinkan penyampaian informasi menjadi lebih luas dan cepat.

Kemajuan teknologi yang pesat telah merambah ke media digital selain penyediaan informasi radio dan televisi. Perkembangan ini tentunya akan memudahkan penyampaian berita yang luas dan luas secara cepat, sehingga pemirsa dapat menerima informasi berita secara instan sebagai respon terhadap peristiwa terkini. Saat ini sudah banyak portal web di Indonesia yang mempublikasikan berita dan artikel, seperti aksi.co, jbn.or.id. Pemerintah juga menyediakan portal web yang berisi berita dan artikel tentang kegiatan lembaga pemerintah. Portal web adalah situs web yang melayani tujuan tertentu dan memandu pembaca untuk melihat, membaca, dan berinteraksi dengan informasi di situs web. Penyediaan portal web oleh instansi pemerintah merupakan salah satu bentuk transparansi mengenai kegiatan yang dilakukannya dan merupakan upaya membangun citra positif lembaga tersebut.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan menulis pesan ke portal web. Kelebihan penulisan berita di portal web adalah kemudahan penggunaan, seperti penyebaran informasi yang cepat, jangkauan penerima informasi yang luas, akses terhadap informasi dan data lama, akses kapan saja dan dimana saja, serta kemudahan pencarian sumber informasi yang relevan. Praktis dan fleksibel. Kerugiannya adalah bobot informasi yang diberikan tidak selalu lengkap, sehingga mengutamakan ketepatan waktu. Oleh karena itu, sebagai penyedia informasi atau data, Anda harus memberikan informasi yang akurat dan terkini. Proses komunikasi menggunakan teknik transmisi untuk menyampaikan pesan kepada komunikator sehingga pesan sampai dan mencapai tujuannya. Wilbur Schramm, seorang ahli terkenal di bidang komunikasi, mengatakan hal ini dalam bukunya, How Communication Works: Target audiens.

“Pesan hendaknya menggunakan karakter yang mencakup pengalaman yang sama sehingga baik sumber maupun sasaran dapat memahaminya. Pesan Anda harus membangkitkan kebutuhan pribadi audiens Anda dan menyarankan cara-cara berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk memberikan respon yang diinginkan, pesan harus menunjukkan bagaimana mencapai kebutuhan yang sesuai dengan situasi kelompok sasaran yang dituju,” (Effendi, 1990: 143)

Namun media digital seperti itu Komunikasi massa menggunakan Portal web dalam implementasi ini pada dasarnya bersifat sepihak, sehingga tidak mungkin mengetahui secara langsung reaksi pembaca terhadap berita tersebut. Oleh karena itu, penulis harus menuliskan pesannya dengan cermat dan akurat. Untuk membuat pesan yang akurat, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Mencari peristiwa atau kejadian untuk dijadikan bahan berita.
    Mencari kejadian dan kejadian yang penting untuk penyampaian saat ini. Mengikuti webinar terkait program keringanan utang pemerintah atau crash program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Mencari kejadian dan kejadian yang penting untuk penyampaian saat ini. Mengikuti webinar terkait program keringanan utang pemerintah atau crash program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
  2. Metode pengumpulan informasi.
    Mengumpulkan informasi berupa fakta dengan melakukan wawancara, observasi, atau dokumentasi pada saat pengumpulan data.
  3. Tuliskan hal-hal penting.
    Dalam mencari informasi perlu dituliskan apa, siapa, dimana, kapan, dan bagaimana dengan menggunakan rumus 5W+1H.
  4. Membuat kerangka berita.
    Kerangka pesan adalah deskripsi tingkat tinggi tentang bagaimana informasi yang dikumpulkan diproses menjadi pesan. Sebuah pesan terdiri dari tiga elemen: judul, isi, dan kelengkapan atau deskripsi pesan.
  5. Tulis pesan inti Anda.
    Pesan adalah paragraf pertama pesan. Pesan Anda harus ringkas dan dimulai dengan elemen “siapa” dan “apa”. Sesuaikan struktur kalimat.
  6. Menulis konten berita.
    Isi pesan adalah informasi rinci yang disampaikan dalam pesan. Isi berita ditulis setelah berita utama. Saat menulis artikel, sebaiknya rangkum isi berita dalam paragraf pendek yang terdiri dari 3 hingga 5 kalimat. Selain itu, usahakan hanya memiliki satu ide di setiap paragraf. Paragraf pendek yang hanya berisi satu ide memotivasi Anda untuk lebih banyak membaca dan memudahkan pemahaman saat membaca berita.
  7. Penyuntingan berita Penyuntingan berita dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan informasi sebagai berikut. Ejaan (nama, tempat, dan lain-lain), tata bahasa, makna kalimat, dan membedakan pendapat dan fakta. Dalam menulis berita yang akan dimuat juga harus berhati-hati agar tidak melanggar aturan etika jurnalistik.

Sebaliknya, jika Anda ingin menulis berita cepat, Anda dapat mengikuti beberapa langkah, misalnya:

  1. Harap berhati-hati dengan aktivitas dan acara yang Anda ikuti.
    Jika Anda mengikuti kegiatan dengan cermat dan teliti, informasi yang diberikan dapat dengan mudah dicatat secara tertulis sehingga memudahkan Anda dalam menyusun pesan.
  2. Sebutkan poin-poin penting yang wajib disampaikan dalam berita.
    Membuat poin-poin penting tentang aktivitas yang dilacak/diamati akan membantu menjelaskan setiap paragraf.
  3. Silakan menulis pesan.
    Jangan tunda lagi memproduksi berita, karena semakin cepat pesan tersebar maka semakin cepat pula informasi tersebut diserap oleh pembaca.
  4. Tentukan sudut pesannya.
    Memutuskan topik apa yang akan diberitakan sehingga isi berita menjadi fokus.
  5. Membuat pesan menggunakan teori piramida terbalik.
    Menyusun pesan menurut teori piramida terbalik. Paragraf pertama berisi informasi utama yang paling penting, diikuti isi pesan yang memuat informasi penting, dan diakhiri dengan paragraf yang berisi informasi umum tentang kegiatan tersebut.

Selain langkah-langkah tersebut, dalam menulis pesan juga harus memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Untuk membuat berita yang akurat dan tepat waktu serta memenuhi kebutuhan informasi pembaca Anda, Anda harus selalu mempertimbangkan langkah-langkah dalam pembuatan berita.

Namun, berita yang akurat dan tepat waktu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berita yang akurat memiliki kelebihan yaitu informasi yang diberikan sangat lengkap, namun pembahasan dalam berita terlalu panjang sehingga membuat pembaca merasa bosan atau tidak tertarik. Di sisi lain, pesan yang ditulis dengan cepat memiliki kelebihan dalam hal singkatnya dan kemudahan pemahaman. Namun, pesan yang ditulis dengan cepat juga memiliki risiko kesalahan ketik dan kesalahan pada konten, serta isi pesan yang tidak terlalu mendalam. Jadi, pilih berita akurat atau berita cepat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *