Berikut Cara Menangkal Berita Hoax

oleh -

Berikut Cara Menangkal Berita Hoax

Hoax adalah informasi, berita, atau informasi palsu atau palsu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoax diartikan sebagai berita bohong.

Hoax adalah informasi yang dibuat atau dirancang untuk menyembunyikan informasi yang sebenarnya. Dengan kata lain, hoax diartikan sebagai upaya memutarbalikkan kebenaran dengan menggunakan informasi yang terkesan meyakinkan namun tidak dapat diverifikasi.

Untuk dapat membedakan berita palsu dan berita asli, kita perlu mengetahui cara mencegah terjadinya berita bohong, antara lain: Perhatikan alamat website
Pastikan Anda mendapatkan informasi atau berita tersebut berasal dari laman resmi dan keasliannya telah diverifikasi.

Jangan hanya membaca headline saja Headline yang provokatif seringkali dibuat untuk meningkatkan viewership, padahal konten informasi yang diberikan seringkali berbeda.

Cek Fakta Verifikasi keaslian informasi dengan berkonsultasi dengan beberapa sumber lain untuk mendapatkan referensi yang dapat dipercaya.

Cek keaslian foto Pastikan selalu mengecek keaslian foto, Anda bisa menggunakan Google Image untuk mencari sumber foto aslinya.

Bergabunglah dengan newsgroup Tambah pengetahuan Anda tentang berita bohong dengan bergabung di beberapa newsgroup, seperti: Forum Melawan Fitnah, Hasutan dan Penipuan (FAFHH ) Indonesia Hoax Buster Hoaxes Lifeboat Group Mafindo.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Baca Juga : Tokoh Jabar Eka Santosa Dukung Ade Wardhana Maju di Pilbup Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *