Konsep Bela Negara JBN

oleh -

Konsep Bela Negara JBN
Konsep bela negara tak harus selalu diartikan mengangkat senjata. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membela negara, termasuk oleh jurnalis.

Jurnalis bisa membela negara dengan membuat berita yang baik, dan itu termasuk mempertahankan negara.

Peran jurnalis sangat penting untuk bisa menangkal berita-berita hoax. Hal tersebut juga adalah salah satu bentuk bela negara di dunia digital.

Dimana selama ini berita-berita hoax bertaburan di media sosial, dan salah satu tugas jurnalis adalah mengedukasi para pegiat sosial akan bahayanya menyiarkan berita hoax.

Baca Juga: JBN Didirikan untuk Mengedukasi para Jurnalis

Bukan hanya pribadi yang bisa rusak oleh berita hoax, sebuah negara pun bisa hancur akibat berita Hoax tersebut. Contoh negara Irak pada tahun 2003 yang hancur akibat Hoax keji dimana Amerika Serikat menuduh Irak mempunyai senjata pemusnah massal. Amerika dengan sekutunya memulai invansi pada tanggal 19 Maret 2003 dan pada akhirnya menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein.

Selain itu Konsep Bela Negara jurnalis juga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, dengan cara membantu orang-orang yang kurang mampu dan menjaga lingkungan dimanapun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *