Memahami Jurnalistik dan Fungsinya

oleh -

Memahami Jurnalistik dan Fungsinya
Oleh karena itu, informasi yang diberikan pers tidak hanya berita-berita serius, berita-berita sulit, tetapi juga berita-berita atau karya jurnalistik lainnya yang mampu membuat pembacanya tersenyum dan mengendurkan otot-otot mentalnya.

  • Karya hiburan seringkali kita jumpai dalam bentuk karya fiksi, seperti cerpen, serial, cerita bergambar, karikatur, kartun, bahkan teks human interest.
  • Pemberian kontrol (tools for social control) – Fungsi penyediaan alat kontrol atau kontrol sosial merupakan fungsi pers yang penting.

Sebagai alat penyampai informasi, pers tidak hanya sebatas menyampaikan dan memberikan informasi terkait suatu peristiwa saja, tetapi juga harus menyampaikan gagasan dan pendapat terkait dengan kepentingan masyarakat luas. Jika ada suatu kebijakan, baik pemerintah maupun organisasi, yang dianggap tidak tepat atau bertentangan dengan kepentingan masyarakat, maka pers wajib memberikan teguran.

Cara mengingatkannya adalah dalam editorial dan karya jurnalistik lainnya. Pendidik masyarakat – Fungsi pendidik masyarakat ini juga merupakan fungsi penting yang dilakukan oleh pers.

Dalam arti luas, misi jurnalisme adalah mendidik masyarakat pembaca dengan membekali mereka dengan beragam pengetahuan yang dapat berguna dalam meningkatkan nilai kehidupan. Penyajian karya jurnalistik perlu bersifat mencerahkan, menambah pengetahuan dan pemahaman yang luas, sehingga masyarakat dapat memperoleh pemahaman kehidupan yang baru atau lebih maju dari sebelumnya.

Berkat fungsinya tersebut, pers mempunyai pengaruh yang besar terhadap masyarakat. Berkat pengaruhnya, pers (pers cetak dan elektronik) dapat menyampaikan pesan dan gagasan (yang terangkum dalam karya jurnalistik) yang konstruktif dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Demikian pula dalam pengembangan bidang sosial budaya atau bentuk kehidupan masyarakat, misalnya dengan mendorong perubahan sosial atau peralihan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern.Dalam masyarakat modern, pers melalui pengaruhnya dapat mempercepat proses tersebut.

Pers melalui karya-karya jurnalistik yang ditampilkannya mempunyai fungsi dan peran penting dalam menciptakan sikap perilaku inovatif, tatanan sosial, serta sikap budaya masyarakat. Terutama dengan menginovasikan psikologi manusia tradisional ke dalam psikologi modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *